Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Cetak kartu BPJS Kesehatan saat ini sudah bisa dilakukan secara online dan cara ini lebih mudah dari pada anda harus antri di kantor BPJS. Dibawah ini akan saya jelaskan cara cetak kartu BPJS Kesehatan online lengkap dengan syarat-syarat yang harus anda lengkapi sebelum mencetak kartu BPJS.

kartu bpjs kesehatan hilang? begini cara cetak kartu BPJS Kesehatan Online
kartu bpjs kesehatan hilang? begini cara cetak kartu BPJS Kesehatan Online

Kartu BPJS Kesehatan Hilang?

Semua warga indonesia di wajibkan untuk mengikuti progam jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Dan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat BPJS memberikan inovasi terbaru dengan adanya cetak kartu BPJS Kesehatan yang bisa anda print sendiri di rumah.

Inovasi ini merupakan langkah terbaik bagi masyarakat disaat mendesak. Siapa yang tau akan adanya musibah? terkadang manusia sendiri panik akan adanya musibah pas datang ke rumah sakit kartu BPJS hilang atau buram tidak terbaca sistem.

Baca: Cara cek kartu BPJS masih aktif atau tidak

Tidak perlu khawatir, anda bisa mencetak kartu BPJS secara online. Namun perlu diketahui, kartu yang anda cetak bukan seperti kartu identitas pada umumnya. Melainkan bentuk kertas print out tapi kegunaannya sama dengan kartu BPJS umumnya.

Syarat Cetak Kartu BPJS

Untuk bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan syarat utama adalah anda sudah resmi menjadi anggota BPJS aktif yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara daftar BPJS Kesehatan online.

Baca: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Lewat HP

Cetak kartu BPJS Kesehatan Online ini manfaatnya sama dengan kartu BPJS Kesehatan bentuk identitas. Perlu anda ketahui dalam layanan berobat anda tetap mengikuti prosedur dan syarat yang berlaku diantaranya membawa identitas KTP dan KK.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Berikut ini langkah cara mencetak kartu BPJS secara online:

  1. Download dan Buka aplikasi BPJS Kesehatan / mobile JKN di smartphone Anda.
  2. Login dengan alamat email anda saat pertama kali mendaftar BPJS secara Online
  3. Ubah Data Peserta anda melalui menu Peserta lalu pilih Ubah Data Peserta.
  4. Kemudian pilih peserta bpjs kesehatan mandiri yang akan anda cetak kartu e-idnya.
  5. Kemudian pilih ikon email lalu akan muncul sebuah pertanyaan “Apakah anda ingin mengirim kartu E-ID ke email anda? Anda pilih YA.
  6. Setelah itu, Periksa email anda, cari email dengan judul Kartu e-ID BPJS Kesehatan lalu download file lampiranya.
  7. Setelah di download klik file lampiran buka lalu print.

Sampai disini proses cetak kartu BPJS Kesehatan anda sudah selesai. Anda sudah bisa menggunakan untuk seperti biasanya. Bagaimana, mudah bukan?

CATATAN: Jangan lupa siapkan persyaratan KTP dan KK sewaktu berobat. Agar nantinya anda tidak bingung saat berobat, petugas operator pelayanan BPJS akan menanyakan sebuah kode diagnosa rujukan pasien atau dikenal kode pintar ICD 10 kepada pasien.

Baca: Kode diagnosa rujukan pasien BPJS

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *