Panduan Lengkap – Cara Daftar BPJS Kesehatan Online [2021]

Cara daftar BPJS Kesehatan Online saat ini sudah tidak susah seperti dulu lagi, karena pemerintah mentargetkan agar semua lapisan masyarakat terdaftar di Program layanan BPJS Kesehatan. Hal ini sudah menjadi ketentuan dalam peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan bagi masyarakat baik itu perorangan atau perusahaan semua mendapatkan hak untuk fasilitas kesehatan dari pemerintah.

begini cara daftar bpjs kesehatan terbaru
panduan lengkap cara daftar bpjs kesehatan terbaru

Bila masyarakat tidak mengikuti atau mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan maka biaya kesehatan akan dibebankan pribadi, begitu juga karyawan yang tidak atau belum terdaftar di BPJS Kesehatan jika suatu saat membutuhkan fasilitas kesehatan maka perusahaan tempat bekerja yang menanggung biaya kesehatan setara dengan biaya yang di tetapkan pemerintah pada program layanan BPJS Kesehatan.

Maka dari itu pemerintah sudah memberikan ruang akses mudah bagi seluruh warga Indonesia untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara Online dengan harapan agar semua lapisan masyarakat bisa menikmati fasilitas kesehatan yang sudah di jaminkan pemerintah Indonesia.

Berikut ini Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Daftar BPJS Untuk Perorangan / Pribadi / Mandiri

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan Online bisa dilakukan dengan beberapa tahapan dibawah ini:

Sebelum melakukan pendaftaran, untuk membantu kelancaran saat proses daftar BPJS Kesehatan secara online terlebih dahulu persiapkan data diri anda dibawah ini:

  • NIK yang tercantum dalam KTP Elektronik atau Kartu Keluarga
  • KITAS/KITAB atau paspor untuk warga Negara asing
  • Tentukan Fasilitas Kesehatan (FASKES) tingkat I, II atau III tergantung kemampuan calon peserta
  • Buku rekening tabungan guna menerima pembayaran BPJS Kesehatan (Mandiri, BNI atau BRI) hal ini tidak berlaku untuk peserta yang memilih Faskes tingkat III
  • No Handphone dan E-mail aktif (wajib) karena dibutuhkan saat verifikasi pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online via Website

Setelah anda menyiapkan data diri, anda bisa langsung mengunjungi website BPJS Kesehatan (https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/) dan lengkapi form pendaftaran yang sudah disediakan dan jagan sampai ada kolom yang tidak di isi karena bisa mengakibatkan pendaftaran anda ditolak. Jika sudah melengkapi data diri, anda bisa langsung klik pendaftaran dan jangan lupa untuk men-checklist ketentuan dan persetujuan yang berlaku.

Proses selanjutnya anda akan menerima kode verifikasi melalui email berikut nomor virtual account kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar. Lakukan pembayaran ke bank terdekat kemudian anda bisa mendownload e-ID yang akan di cetak nantinya.

Baca: Recomendasi cetak kartu bpjs kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Lewat HP

Selain cara daftar BPJS Kesehatan online melalui website resminya, anda juga bisa mendaftar peserta baru melalui smartphone anda. Dan cara lebih simple sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki perangkat seperti laptop atau computer untuk mengakses situs resmi BPJS Kesehatan dan cara ini sudah dijelaskan pada artikel di sebelumnya.

Baca: cara daftar bpjs kesehatan online lewat hp

Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Perusahaan

Sesuai dengan Peraturan Presiden diatas tentang Jaminan Kesehatan terhadap karyawan, maka semua perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan pegawainya dalam program BPJS Kesehatan. Menurut UU BPJS, Pasal 17, bagi perusahaan yang lalai atau tidak mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan akan dikenai sanksi teguran tertulis, denda dan/atau tidak mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah, seperti perizinan.

Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan untuk perusahaan saat ini bisa dilakukan secara offline maupun online dengan syarat dan ketentuan berlaku:

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Untuk Perusahaan

Berikut ini syarat untuk pendaftaran BPJS Kesehatan untuk:

  • Formulir pendaftaran (dengan materai Rp6.000,00, yang ditandatangani oleh pimpinan dan stempel perusahaan) contoh format bisa download di sini
  • SIUP / BKPM / SIUPAL / IUD / dll
  • NPWP Badan Usaha
  • Tanda Daftar Perusahaan / Surat Domisili Perusahaan
  • Fotokopi KTP Pimpinan perusahaan

Recomendasi: Cara Daftar BPJS Online Tanpa NPWP

Pengambilan e-ID karyawan dilakukan oleh pimpinan perusahaan, jika pengambilan ini diwakilkan oleh orang lain maka ada syarat lain yang harus dipenuhi diantaranya:

  • Surat kuasa untuk pengambilan e-ID ber materai Rp 6.000 dari pimpinan kepada perwakilan dengan kop perusahaan.
  • Fotokopi KTP perwakilan dari Perusahaan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Perusahaan Offline

Proses daftar BPJS Kesehatan untuk perusahaan secara offline hampir sama dengan pendaftaran BPJS Mandiri atau perorangan, yaitu dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya dan mengisi form pendaftaran BPJS Kesehatan Perusahaan selanjutnya anda akan di pandu oleh customer service bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan Perusahaan Anda.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Perusahaan Online

Sebelum melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan Perusahaan, tanyakan terlebih dahulu kepada karyawan, apakah sudah mempunyai BPJS Kesehatan Mandiri? Jika sudah, anda tinggal mendaftarkan dengan menggunakan nomor yang sudah terdaftar. Nomor dan kartu BPJS akan tetap sama namun statusnya akan berubah menjadi pekerja penerima upah.

Hal ini berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan, yang mana nomor kartu BPJS Kesehatan-nya bisa berubah apabila karyawan resign atau berhenti dari pekerjaan sebelumnya.

Cara daftar BPJS Kesehatan Online Perusahaan bisa menggunakan E-dabu yang sudah diulas pada artikel sebelumnya.

Baca: Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Edabu BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Untuk Keluarga

Jika sebelumnya sudah ada salah satu anggota keluarga menjadi anggota BPJS Kesehatan dan kemudian ingin menambah anggota keluarga baru di BPJS Kesehatan, maka pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online, tetapi harus dilakukan di kantor BPJS cabang terdekat dengan membawa kelengkapan sebagai berikut:

Cara daftar BPJS Kesehatan jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar

Adapun persyaratan yang harus dibawa adalah sebagai berikut:
  • Copy dan asli Kartu Keluarga (KK)
  • Copy dan Asli KTP masing-masing anggota keluarga yang ingin didaftarkan
  • Photo 3×4 masing-masing anggota keluarga, kecuali balita
  • Memiliki rekening Bank, (BNI, BRI atau Mandiri) apabila mengambil kelas I atau kelas II
  • Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh kantor BPJS Kesehatan.
selanjutnya petugas akan membantu memproses pendaftaran anggota baru anda.

Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir

BPJS kesehatan tidak akan menjamin ibu dan bayinya apabila keduanya sudah pulang ke rumah, tetapi belum daftar dan membayar iuran BPJS Kesehatan untuk bayinya yang baru lahir dalam jangka waktu 28 hari.

Syarat dan cara daftar BPJS Kesehatan bagi bayi yang baru lahir, antara lain:

  • Surat keterangan lahir dari bidan atau rumah sakit
  • KTP orang tua
  • Kartu Keluarga (KK) Asli
  • Kartu JKN-KIS atau BPJS Kesehatan orang tua

jika syarat-syarat sudah terpenuhi, anda bisa mengajukan langsung ke kantor BPJS setempat

  • Datang ke kantor cabang atau kantor pusat BPJS Kesehatan
  • Melampirkan syarat atau dokumen di atas
  • Setelah mengurus, kartu langsung aktif saat itu.

Perlu anda diingat, pasca melahirkan, orang tua wajib mendaftarkan bayinya ke BPJS Kesehatan dalam kurun waktu 3×24 jam atau belum kembali pulang ke rumah agar jaminan BPJS kesehatan berlaku.

apabila iuran tidak dibayarkan dalam rentang waktu 28 hari terhitung dari bayi dilahirkan, maka status keanggotaan si-bayi menjadi non-aktif. Tagihan iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan dihitung sejak bayi dilahirkan dan akan ditagihkan melalui Virtual Account orang tuanya pada bulan berikutnya.

Baca: cara mengecek iuran bpjs kesehatan yang sudah dibayar

Demikian panduan lengkap cara daftar BPJS Kesehatan online yang dapat admin jelaskan. Jika ada kekurangan atau pertanyaan silahkan komentar di kolom bawah. sekian

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *